Skor Airport Service Quality (ASQ) di 13 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I (Angkasa Pura Airports), mengalami kenaikan di periode triwulan kedua 2021 jika dibandingkan dengan triwulan pertama 2021.
Selama periode April-Juni 2021, 13 bandara di bawah kelolaan Angkasa Pura I berhasil meraih skor rata-rata sebesar 4,90, naik 0,05 poin dibanding dengan periode Januari-Maret, di mana skor rata-rata pada periode ini adalah 4,85.
Dari 13 bandara yang dikelola, Bandara Frans Kaisiepo Biak menjadi bandara dengan peningkatan skor terbesar dibandingkan dengan triwulan pertama 2021, yaitu dari 4,10 menjadi 4,71, atau naik 0,61 poin. Bandara Pattimura Ambon turut mengalami peningkatan, yaitu dari 4,65 menjadi 4,89, atau naik 0,24 poin.
“Syukur Alhamdulillah, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, kami masih dapat menunaikan komitmen perusahaan dalam memberikan kualitas layanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara. Peningkatan skor ASQ di bandara-bandara yang kami kelola menjadi bukti bahwa walaupun di tengah kondisi pandemi yang berimpak kepada penurunan jumlah penumpang yang terlayani, kualitas layanan yang kami berikan tetap sama seperti pada kondisi normal pra-pandemi. Inilah bukti komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik, terlepas dari kondisi dan situasi,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Kamis (26/8).
Dari 13 bandara yang dikelola, bandara-bandara Angkasa Pura Airports diklasifikasi ke dalam 4 kelas bandara. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) dan Bandara Juanda Surabaya (SUB) masuk ke dalam kelas bandara dengan kapasitas 15-25 juta penumpang/tahun.
Di kategori bandara kapasitas 5-15 juta penumpang/tahun, bandara di bawah kelolaan Angkasa Pura Airports adalah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN), dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG).
Sebanyak 6 bandara yang termasuk ke dalam kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang/tahun adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG), Bandara Adi Soemarmo Surakarta (SOC), Bandara El Tari Kupang (KOE), Bandara Sam Ratulangi Manado (MDC), Bandara Internasional Lombok (LOP), dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ).
Sedangkan Bandara Pattimura Ambon (AMQ) dan Bandara Frans Kaisiepo Biak (BIK) termasuk ke dalam kelas bandara berkapasitas di bawah 2 juta penumpang/tahun.
Di tahun 2020 lalu, tiga bandara kelolaan Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan pada ajang ASQ Awards, yaitu Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang per tahun, serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada kategori kapasitas bandara 5-15 juta penumpang per tahun.
Penghargaan ini semakin melengkapi rentetan prestasi yang diraih di tahun-tahun sebelumnya.
Di tahun 2019, sebanyak 3 bandara berhasil menyabet 9 jenis penghargaan ASQ Awards, yaitu:
Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (4 penghargaan) yang dinobatkan sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation untuk kategori bandara dengan kapasitas 5-15 juta penumpang per tahun;
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (3 penghargaan) yang dinobatkan sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation untuk kategori bandara dengan kapasitas 15-25 juta penumpang per tahun;
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (2 penghargaan) Best Airport by Size dan Best Infrastructure & Facilitation untuk kategori bandara dengan kapasitas 5-15 juta penumpang per tahun.
ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI.
Pada tahun 2020 lalu, sebanyak 140 penghargaan ASQ Awards dianugerahkan kepada 84 bandara, di mana jumlah ini merupakan jumlah pemenang terbanyak selama penyelenggaraan ASQ Awards.
Sejak Agustus 2019 silam, sebanyak 10 bandara Angkasa Pura Airports juga berhasil memperole akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI.
Angkasa Pura Airports merupakan operator bandara pertama di kawasan Asia-Pasifik yang berhasil memperoleh capaian ini.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada seluruh penumpang atas kepercayaan terhadap layanan yang selama ini telah kami berikan. Komitmen kami adalah untuk terus menerus meningkatkan kualitas layanan kami kepada seluruh pengguna jasa tanpa terkecuali,” tutup Faik Fahmi.