PT Cilitnk Indonesia, maskapai berbiaya hemat atau Low Cost Carrier (LCC) anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, meluncurkan seragam baru awak kabin.
Dengan mengedepankan keramahtamahan dan sentuhan Indonesia, seragam baru tersebut secara resmi dan serentak dipakai di seluruh jalur penerbangan mulai Sabtu ini.
Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari ini,
Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan, Citilink meluncurkan seragam baru awak kabin dengan membawa semangat perusahaan sebagai innovative modern airline yang berciri khas young, fun and dynamic.
“Hal itu merupakan bagian dari strategi peningkatan pelayanan untuk penumpang. Peluncuran ini juga bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September,” kata Juliandra, Sabtu (4/9).
Juliandra menambahkan, rancangan seragam baru awak kabin Citilink merupakan hasil karya perancang busana Oscar Lawalata.
Seragam baru tersebut dibuat dalam bentuk kebaya untuk tetap menjunjung tinggi budaya Indonesia, namun juga memiliki sentuhan modernisasi yaitu menggunakan corak kain tenun ikat khas dari Nusa Tenggara Timur.
Juliandra mengatakan, desain tenun terinspirasi dari motif patola ratu dengan corak geometris yang sambung-menyambung dan kait-mengait dengan serasi dan indah.
“Motif ini dahulu dipakai oleh pemimpin kerajaan yang menggambarkan pemimpin berintegritas dan jujur. Adanya garis-garis geometris juga melambangkan hubungan manusia dengan lingkungannya. Selain itu, terdapat sentuhan inovasi motif bunga wala mangata yang cantik dan indah yang dipercaya mampu menjauhkan dari malapetaka dan bahaya,” jelasnya.
Pada pinggiran kain seragam ini juga terdapat motif ragam hias dari tenun Sumba karya anak bangsa yang menggariskan arti kelembutan, kebersamaan dan harapan.
Motif-motif ini dipadupadankan menjadi sebuah karya dalam desain yang utuh pada kain seragam awak kabin Citilink.
Selain itu, Citilink juga menggunakan dominasi warna hijau dan lime untuk pewarnaan seragam baru awak kabin ini. Warna hijau merepresentasikan kejayaan, kebesaran, keseimbangan dan kedamaian.
Sementara warna lime merupakan perpaduan warna hijau dan kuning yang merepresentasikan keceriaan, kebahagiaan, energik serta optimis.
“Kami berharap kehadiran seragam baru awak kabin ini dapat membawa harapan serta semangat baru untuk semakin memberikan pelayanan yang lebih maksimal untuk meningkatkan customer experience serta mewujudkan better journey bagi seluruh pelanggan,” pungkasnya.