ASPEK.ID, JAKARTA – Perusahaan raksasa e-commerce asal China, Alibaba, mencatat perolehan fantastis usai membukukan hasil penjualan luar biasa dalam satu jam pertama acara belanja tahunan Singles’ Day, Senin (11/11/2019).
Jumlah yang berhasil dicapai sebagaimana dilansir laman CNBC yakni sebesar 84 miliar yuan setara dengan sekitar Rp 168 triliun (estimasi kurs Rp 14.000/dolar).
“Penjualan mencapai angka US$ 1 miliar pada menit dan delapan detik pertama,” kata Alibaba, seperti dikutip Reuters.
Angka penjualan ini naik 22% dari penjualan di jam pertama tahun lalu yang sebesar 69 miliar yuan. Acara belanja tahunan Singles’ Day telah dipromosikan oleh Ketua dan CEO Alibaba Daniel Zhang sejak 2009.
Kini, acara yang juga dikenal sebagai ‘Double Eleven’ ini telah berkembang pesat menjadi acara penjualan online terbesar di dunia. Dalam sehari penjualan di Singles’ Day tahun lalu, Alibaba berhasil memperoleh penjualan senilai US$ 30 miliar.
Namun, pada saat itu pertumbuhan penjualan hanya 27%, terendah dalam 10 tahun acara tersebut digelar. Alibaba yang saat ini bernilai sekitar US$ 486 miliar, memeriahkan festival tahun ini dengan menggaet bintang internasional Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee.