ASPEK.ID, JAKARTA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menghadirkan fitur Voice Command dan Virtual Assistant pada aplikasi mobile app Garuda Indonesia GIA Mobile yang telah diperbarui.
Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan, melalui fitur layanan terbaru tersebut, pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam memenuhi kebutuhan informasi dan reservasi layanan penerbangan melalui perintah suara kepada virtual assistant yang diberi nama GIA.
Sosok yang akrab disapa Ari Askhara itu menyebutkan, melalui pembaharuan pada platform GIA Mobile, kini pengguna jasa juga memiliki keleluasan lebih dalam pengaturan storage handphone, mengingat aplikasi GIA Mobile ini hanya sebesar 28 MB lebih ringan dari versi sebelumnya.
Saat ini, fitur tersebut baru dapat dinikmati oleh pengguna mobile phone berbasis android. Adapun pada platform IOS akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat.
Pembaharuan pada aplikasi mobile apps juga turut disempurnakan dengan berbagai fitur baru yang memudahkan pengguna jasa dalam menerima Informasi terkait operasional penerbangan seperti nomor gate, informasi flight delay, juga informasi layanan seperti promosi dan juga GarudaMiles.
“Pembaharuan fitur pada aplikasi GIA Mobile ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan dalam menyediakan layanan digital experience yang lebih seamless kepada pengguna jasa dengan berbagai keunggulan dan kemudahan penggunaan, khususnya pada proses pemesanan tiket,” kata Ari Askhara dalam siaran pers dilansir laman Bisnis, Jumat (30/8/2019).
Dia menambahkan inovasi tersebut turut menjadikan Garuda pelopor group maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang berhasil menghadirkan fitur virtual assistant dan voice command pada direct application mobile app maskapai penerbangan di Indonesia.
Fitur digital ini akan terus dikembangkan kembali melalui berbagai penyempurnaan teknologi untuk menghasilkan layanan fitur virtual assistant dan voice command yang lebih baik.
Garuda menghadirkan pengalaman pre journey yang berbeda berbekal adaptasi teknologi Natural Language Processing (NLP) serta Text to Speech (TSS) dalam mengoptimalkan layanan digital teranyar ini. Pengguna bisa berbicara dengan GIA dalam bahasa formal maupun informal, menjadikan GIA sebagai personal asisten bagi pengguna setia Garuda.