ASPEK.ID, JAKARTA – Sebaran partikel di udara PM10 yang dipantau di situs earth.nullschool.net menunjukkan bahwa asap di Kalimantan relatif banyak berkurang dan tidak sepekat sebelumnya.
Sedangkan di Sumatera asap relarif berkurang di beberapa tempat, tapi asap juga menyebar ke wilayah yang lebih luas yaitu ke Sumbar, Sumut dan Aceh.
BACA JUGA: Buwas Bongkar “Mafia” yang Selewengkan Rp9 Miliar Per Bulan
Adapun jarak pandang dan kondisi cuaca di 24 bandara pada pukul 07.00 WIB seperti dipantau di Aviation BMKG dan kualitas udara PM10 BMKG adalah sebagai berikut:
ACEH
Bandara Maimun Saleh – Sabang 500 meter, berasap;
Bandara Sultan Iskandar Muda – Banda Aceh, 2.000 meter, berasap;
Bandara Cut Nyak Dien Nagan Raya – Meulaboh, 2.500 meter, berasap;
Bandara Malikus Saleh – Lhokseumawe, 1.500 meter, berasap.
SUMATERA UTARA
Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing – Pinangsori (Sibolga), 800 meter, berasap;
Bandara Aek Godang – Padang Sidempuan, 500 meter, berasap;
Bandara Raja Haji Abdullah – Tanjung Balai Karimun, 500 meter, berasap
SUMATERA BARAT
Bandara Minangkabau International Airport – Padang, 3.000 meter, hujan ringan
RIAU
Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru, 7.00m berasap; kualitas udara 195 (tidak sehat)
Bandara Depati Parbo – Kerinci, 400 meter, berasap;
Bandara Japura – Rengat, 700 meter, berasap;
JAMBI
Bandara Sultan Thaha – Jambi, 1.100 meter, guntur dan hujan ringan; kualitas udara 0 (sehat)
KEPULAUAN RIAU
Bandara Raja Haji Fisabilillah – Tanjung Pinang, 400 meter, berasap;
SUMATERA SELATAN
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang, 1.000 meter berasap; kualitas udara 322 (sangat tidak sehat)
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Bandara Depati Amir – Pangkal Pinang, 4.000 meter, berasap;
KALIMANTAN BARAT
Bandara Supadio – Pontianak, 1.800 meter, berawan;
Bandara Rahadi Oesman – Ketapang, 1.200 meter, berasap;
Bandara Tebelian – Sintang, 2.500 meter, berasap;
Bandara Nanga Pinoh, 300 meter, berkabut;
KALIMANTAN TENGAH
Bandara Iskandar – Pangkalan Bun, 2.000 meter, berasap;
Bandara Haji Asan – Sampit, 700 meter, berasap;
Bandara Tjilik Riwut – Palangkaraya, 500 meter, berasap;
Bandara Sanggu – Buntok, 2.000 meter, berasap;
KALIMANTAN SELATAN
Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin, 800 meter, berasap.
BACA: Ini Kronologis Kecelakaan Maut 21 Mobil di Tol Cipularang