ASPEK.ID, JAKARTA – PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA berhasil menyabet empat penghargaan di ajang ‘BUMN Track: Branding & Marketing Award 2019’ yang digelar di Ballroom Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (5/11/2019).
Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkinerja unggul, mampu berkompetisi di pasar global dan berinovasi dalam branding dan marketing.
Empat penghargaan yang diterima oleh PT INKA (Persero) antara lain, Corporate Comunication terbaik, CMO Corporate Marketing Performance, Global Branding and Marketing Strategy dan The Best Indicator Global BUMN.
Piala penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Dewan Juri BUMN Track Award 2019, Prof Rhenald Kasali kepada Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero), Agung Sedaju.
“Penghargaan yang diberikan ini akan menjadi tambahan modal semangat bagi seluruh insan INKA guna meraih target-target yang berskala global,” kata Agung.
Profil Singkat PT INKA
PT INKA merupakan BUMN manufaktur sarana perkereta-apian pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Secara formal, PT INKA (Persero) berdiri pada tanggal 18 Mei 1981. Selanjutnya dilakukan penyerahan operasional pabrik kereta api oleh pihak PJKA pada tanggal 29 Agustus 1981.
Awalnya, PT INKA (Persero) berada dalam pembinaan teknis Departemen Perhubungan, kemudian dibawah Dewan Pembina Industri Strategis (DPIS) pada 1983, tahun 1989 dibawah Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) dan pada tahun 1998, pengelolaannya di bawah Menteri Pendayagunaan BUMN.
Pada tahun yang sama (1998), PT INKA menjadi anak perusahaan dari holding PT Bahana Pakarya Industri Strategis (BPIS). Menyusul dibubarkannya PT BPIS pada 2002, PT INKA berada dalam pengelolaan Kementerian BUMN hingga sekarang.